STRUKTUR
DAN MUATAN KURIKULUM
SMP
NEGERI 1 TAYAN HULU
A.STRUKTUR KURIKULUM
.KELOMPOK MATA PELAJARAN
Struktur dan muatan kurikulum pada
jenjang pendidikan dasar dan menengah yang tertuang dalam Standar Isi, meliputi
5 kelompok mata pelajaran, yaitu:
1. Kelompok
mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
2. Kelompok
mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
3. Kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Kelompok
mata pelajaran estetika.
5. Kelompok
mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan.
Kelima kelompok mata pelajaran
tersebut dilaksanakan melalui muatan atau kegiatan pembelajaran sebagaimana
diuraikan dalam peraturan Pemerintah Nomao 19/2005 pasal 7.
.CAKUPAN KELOMPOK MATA
PELAJARAN
NO.
|
KELOMPOK
MATA PELAJARAN
|
CAKUPAN
|
1.
|
Agama dan akhlak mulia.
|
Kelompok
mata pelajaran agama dan akhlak mulia, dimaksudkan untuk :
a.
Membentuk peserta didik menjadi manusia
yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
b.
Membentuk akhlak mulia,mencakup estetika,
budi pekerti atau moral sebagaimana perwujudan dari pendidikan agama.
|
2.
|
Kewarganegaraan dan kepribadian
|
Kelompok
mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudka untuk:
a.
Peningkatan kesadaran dan wawasan peserta
didik akan status, hak dan kewajibannya dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.
b.
Peningkatan kualitas dirinya sebagai
manusia seutuhnya.
c.
Peningkatan kesadaran dan wawasan termasuk
wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme, bela negara, penghargaan terhadap
hak azazi manusia, kemajemukan bangsa, demokrasi, tanggungjawab, ketaatan
pada hukum, sikap dan prilaku pada korupsi, kolusi, dan nepotisme.
|
3.
|
Ilmu pengetahuan dan teknologi
|
Kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dimaksudkan untuk:
1.
Memperoleh kompetensi lanjut tentang ilmu
pengetahuan dan teknologi.
2.
Membudayakan berpikir ilmiah secara kritis,
kreatif, dan mandiri.
|
4.
|
Estetika.
|
Kelompok
mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk:
Meningkatkan
sensitivitas, kemampuan mengekpresikan, dan mengapresiasi keindahan dan
keharmonisan, baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun individu, sehingga
mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
|
5.
|
Jasmani, olahraga, dan kesehatan.
|
Kelompok
mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan dimaksudkan untuk :
a.
Meningkatkan potensi fisik serta
membudayakan sikap sportivitas, disiplin dan kerjasama.
b.
Meningkatkan kesadaran, sikap, dan prilaku
hidup sehat yang bersifat kemasyarakatan, seperti bebas dari narkoba, tidak
berprilaku seksual bebas, sehingga bebes dari HIV/AIDS, dan sebagainya.
|
.MATA PELAJARAN
Dari kelompok mata pelajaran
tersebut di atas, dapat dijabarkan lagi menjadi beberapa mata pelajaran yang
diajarkan di SMP Negeri 1 Tayan Hulu, yaitu :
a.
Mata
Pelajaran
Mata pelajaran jumlahnya 10 bagian,
yaitu :
1. Pendidikan
Agama.
2. Pendidikan
kewarganegaraan.
3. Bahasa
Indonesia.
4. Bahasa
Inggris.
5. Matematika.
6. Ilmu
pengetahuan Alam.
7. Ilmu
Pengetahuan Sosial
8. Seni
Budaya.
9. Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
10. Teknologi
Informasi dan Komputer.
.
Muatan
Lokal (Mulok)
Jenis Muatan Lokal (mulok) yang
diajarkan pada SMP Negeri 1 Tayan Hulu, adalah :
1. Tanaman
Keras
2. Adat-Istiadat
No.
|
Muatan
Lokal
|
Kelas
dan Alokasi waktu
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
1.
|
Tanaman
Keras
|
2
|
2
|
2
|
2.
|
Adat-Istiadat
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah
|
4Jam
|
4
Jam
|
4
Jam
|
c.
Pengembangan
Diri
Pengembangan diri yang dilaksanakan
pada SMP Negeri 1 Tayan Hulu adalah pengembangan diri yang diimplementasikan
pada bakat dan minat siswa dan berhubungan dengan mata pelajaran, khususnya
pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, seni budaya, maupun mata pelajaran
yang lainnya.
Adapan jenis-jenis pengembangan diri
yang dilaksanakan pada SMP Negeri 1 Tayan Hulu meliputi :
1. Sepak
bola 4. Basket
2. Seni
tari 5. Badminton
3. Volly
ball 6. Seni Tari
.
Beban
Belajar
1. Beban
belajar dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada SMP Negeri 1 Tayan hulu
terdiri atas 2 semester, yaitu semester ganjil dan semester genap.
2. Beban
belajar tertuang dalam program tahunan dan program semester, serta menggunakan
sistem paket, yaitu sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta
didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran.
3. Beban
belajar setiap mata pelajaran pada sistem paket dinyatakan dalam satuan jam
pembelajaran.
4. Beban
belajar dirumuskan dalam bentuksatuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik
untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatap muka.
5. Beban
belajar kegiatan tatap muka per jam pembelajaran berlangsung selama 40 menit.
.
Alokasi
waktu
Alokasi
waktu jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran per minggu tertuang dalam
tabel berikut :
KOMPONEN
|
KELAS DAN ALOKASI WAKTU
|
|||
A.
MATA PELAJARAN
|
VII
|
VIII
|
IX
|
|
1.
|
Pendidikan
Agama
|
2
|
2
|
2
|
2.
|
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
5
|
5
|
5
|
4.
|
Bahasa
Inggris
|
5
|
5
|
5
|
5.
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
6.
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
5
|
5
|
5
|
7.
|
Ilmu
pengetahuan Sosial
|
5
|
5
|
5
|
8.
|
Seni
Budaya
|
2
|
2
|
2
|
9.
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
10.
|
Teknologi
Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
B.
MUATAN LOKAL
|
2
|
2
|
2
|
|
C.
PENGEMBANGAN DIRI
|
2*
|
2*
|
2*
|
|
JUMLAH
JAM PER MINGGU
|
39
|
39
|
39
|
Catatan
:
1. 1
jam pembelajaran berlangsung selama 40 menit.
2. 1
minggu terdiri dari 39 jam pembelajaran.
3. 1
tahun pembelajaran terdiri dari 34-38 minggu efektif.
4. 1
tahun pembelajaran terdiri dari 2 semester, yaitu semester ganjil dan semester
genap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar