MUATAN KURIKULUM
Berdasarkan peraturan menteri
pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006, muatan kurikulum meliputi :
.
Standar
Kompetensi Lulusan (SKL).
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
untuk semua mata pelajaran adalah sebagai berikut :
a. Mengamalkan
ajaran agama yang dianut sesuai dengan kepercayaan dan keyakinannya
masing-masing.
b. Memahami
kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
c. Menunjukkan
sikap percaya diri.
d. Memahami
aturan atau norma-norma sosial yang berlaku.
e. Menghargai
keragaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam
lingkungan nasional.
f. Mencari
dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif.
g. Menunjukkan
kemampuan berfikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif.
h. Menunjukkan
kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.
i. Menunjukkan
kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
j. Mendeskrepsikan
gejala alam dan sosial.
k. Memanfaatkan
lingkungan sosial secara bertanggungjawab.
l. Menerapkan
nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
demi terwujudnya persatuan dan kesatuan.
m. Menghargai
karya seni dan budaya nasional.
n. Menghargai
tugas dan pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk bekerja.
o. Menerapkan
hidup bersih, sehat, aman, dan dapat memanfaatkan waktu luang.
p. Berkomunikasi
dan berinteraksi secara efektif dan santun.
q. Memahami
hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
r. Menghargai
adanya perbedaan pendapat.
s. Menunjukkan
gemar membaca dan menulis naskah pendek dan sederhana.
t. Menunjukkan
keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia
dan bahasa Inggri sederhana.
u. Menguasai
pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menegah.
2.Standar Kompetensi untuk kelompok Mata
pelajaran
a. Pendidikan
Agama dan Akhlak Mulia
1. Mengamalkan
ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap
perkembangan remaja.
2. Menerapkan
nilai-nilai kejujuran dan keadilan
3. Mengenal
keragaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi.
4.
Berkomonikasi dan berintraksi secara efektif dan santun yang
mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai
makhluk Tuhan.
5. Menerapkan
hidup bersih, sehat, aman, dan dapat memanfaatkan
waktu luang sesuai dengan tuntutan agamanya.
6.Memanfaatkan
lingkungan sebagai makhluk ciptaan tuhan secara
bertanggung jawab.
7.Menghargai
perbedaan dan pendapat dalam menjalankan ajaran
agamanya masing-masing.
b. Pendidikan kewarganegaraan
1. Menerapkan
kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya
persatuan dan kesatuan
Negara republic Indonesia.
2. Mematuhi
aturan-aturan social, hukum dan perundang-undangan.
3. Menghargai
keragaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan
social ekonomi dalam lingkungan nasional.
4.
Memanfaatkan lingkungan social secara
bertanggung jawab.
5. Memahami
kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
6.
Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun.
7. Menunjukan sikap percaya diri.
8. Menunjukan
sikap gemar membaca dan menulis.
9. Menunjukan
kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan
potensi yang dimilikinya.
10.Menghargai
tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk
berkarya.
11.Menunjukan
kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar dan aman dalam
kehidupan sehari-hari.
12. Memahami
hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di
masyarakat.
13. Menghargai
adanya perbedaan pendapat.
14. Menghargai
karya seni dan budaya nasional indonesia.
c. Ilmu Pengetahuan dan teknologi
1. Mencari dan menerapkan informasi secara
logis, kritis dan kreatif.
2. Menunjukan kemampuan berpikir logis,
kritis, dan kreatif.
3. Menunjukan kemampuan belajar secara
mandiri sesuai dengan
potensi yang dimilikinya.
4. Menunjukan kemampuan menganalisis dan
memecahkan masalah
dalam kehidupan sehari-hari.
5. Mendeskripsikan gejala alam dan sosial.
6. Memanfaatkan lingkungan secara
bertanggung jawab.
7. Menghargai tugas dan pekerjaan dan
memiliki kemampuan untuk
berkarya.
8. menerapkan hidup bersih, sehat, aman,
dan dapat memanfaatkan
waktu luang sesuai dengan tuntutan
agamanya.
9. Menunjukan keterampilan menyimak,
berbicara, membaca, dan
menulis dalam bahasa indonesia dan bahasa
inggris sederhana.
10. Menguasai pengetahuan yang diperlukan
untuk mengikiti pendidikan
menengah.
d.
Estetika
1. Memanfaatkan lingkungan sebagai kegiatan
apresiasi seni.
2. Menghargai karya seni, budaya, dan
keterampilan sesuai dengan
kondisi daerah.
3. menunjukan kegemaran membaca dan menulis
karya seni.
e. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
1. Menunjukan
kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman,
dan
memanfaatkan waktu luang dengan memanfaatkan
lingkungan
dengan
bertaggung jawab.
2. Mencari dan
menerapkan berbagai informasi tentang potensi sumber
daya lokal
untuk menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan
memanfaatkan
waktu luang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar