Sumber : http://smpn1tayanhulu.blogspot.com SMPN 1 TAYAN HULU: MP. B.INDONESIA

Senin, 24 September 2012

MP. B.INDONESIA


Bahasa Indonesia

1.    Mendengarkan

Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara, pelaporan, penyampaian berita radio/TV, dialog interaktif, pidato, ceramah/khotbah, dan pembacaan berbagai karya sastra berbentuk dongeng, puisi, drama, novel, syair, dan pantun.

2.    Berbicara

Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, pengalaman, pendapat, dan komentar dalam berbagai kegiatan wawancara, presentasi laporan, diskusi, protokoler, dan pidato, serta dalam berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel remaja, puisi, dan drama.

3.    Membaca

Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami berbagai bentuk wacana tulis, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerita pendek, drama, novel remaja, antologi puisi, dan novel dari berbagai angkatan.

4.    Menulis

Melakukan berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk buku harian, surat pribadi, pesen singkat, laporan, surat dinas, bahasa petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan, poster, iklan baris, resensi, karangan, karya ilmiah sederhana, pidato, surat pembaca, dan berbagai karya sastra berbentuk pantun, dongeng, puisi, drama, dan cerpen.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar