Sumber : http://smpn1tayanhulu.blogspot.com SMPN 1 TAYAN HULU: SISTEM PENILAIAN

Senin, 24 September 2012

SISTEM PENILAIAN


SISTEM PENILAIAN

         Sistem penilaian yang digunakan pada SMPN 1 Tayan Hulu, mengacu pada pendidikan nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar penilaian pendidikan.

 

 a. Jenis-jenis penilaian

 

 1. Ulangan

            Ulangan adalah proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara kelanjutan dalam proses pembelajaran, untuk memantau kemajuan melakukan perbaikan pembelajaran dan menentukan keberhasilan belajar peserta didik.

 

 2. Ulangan Harian

            Ulangan Harian adalah kegiatan yang dilakukan secara priode mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar

(KD) atau lebih.

 

 3. Ulangan Tengah Semester

            Ulangan Tengah Semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 - 9 minggu kegiatan pembelajaran, cakupan ulangan meliputi seluruh indicator yang mempresikan seluruh KD pada priode tersebut.

 

 4. Ulangan Akhir Semester

            Ulangan Akhir Semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidikan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester, cakupanya meliputi seluruh indicator yang mempresetasikan semua KD pada semester tersrbut.

 

 5. Ulangan Kenaikan Kelas

            Ulangan Kenaikan Kelas adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap, cakupanya meliputi seluruh indicator yang mempresikan semua KD pada semester tersebut.

 

 6. Ujian Sekolah

            Ujian sekolah adalah kegiatan pengukuran pencapaian kompetesi peserta didik untuk memperoleh pengakuan atau prestasi belajar dan merupakan salah satu persyaratan.

 

 7. Kelulusan

            Mata pelajaran yang diujikan adalah mata pelajaran pengetahuan dan teknologi yang tidak diujikan dalam nasional, dan aspek kognitif dan/atau psikomotorik kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia serta kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian mengaju pada POS Ujian Sekolah.

  b. Prinsip Penilaian

          Penilaian hasil belajar SMP Negeri 1 Tayan Hulu didasarkan prinsip-prinsip sbb:

 

 1. Sahih,

        Penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.

 

 2. Objektif,

         Penilaian didasarkan pada prosedur dan criteria yang tidak jelas dipengaruhi subjektivitas penilaian.

 

 3. Adil,

         Penilaian yang tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena kebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status social ekonomi, dan gender.

 

 4. Terpadu,

         Penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.

 

 5. Terbuka

         Prosedur penilaian kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.

 

 6. Menyeluruh dan berkesinambungan,

         Penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai tehnik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.

 

 7. Sistimatis,

          Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.

 

 8. Beracuan Kriteria,

          Penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.

 

9. Akuntabel,

          Penilaian yang dapat dipertanggung jawabkan baik dari segi tehnik, prosedur maupun hasilnya.

 

 

 c. Teknik Penilaian

               Penilaian hasil belajar menggunakan berbagai taknik penilaian dengan krakteristik kompetensi dan tingkat perkembangan peserta didik. Teknik peniaian dilakukan dengan cara sebagai berikut:

 

       1. Tehnik Tes,

            Berupa tes tertulis, tes lisan, dan tes praktek atau tes kinerja.

       2. Tehnik Observasi atau pengamatan,

           Dilakukan selama pembelajaran berlangsung dan / atau diluar

           kegiatan pembelajaran.

       3. Tehnik penugasan,

           Baik prorangan maupun kelompok dapat berbentuk tugas rumah

           dan/ atau projek.

 

 d. Instrumen Penilaian

      1). Instrumen Hasil belajar yang digunakan pendidik meliputi

            persyaratan:

            1. Substansi, mempresentasikan yang dinilai.

            2. Konstruksi, memenuhi persyaratan tehnik sesuai dengan bentuk

                 instrument yang digunakan.

            3. Bahasa, yang digunakan adalah bahasa yang baik dan benar

                serta komunikatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta

               didik.

 

     2). Instrumen Hasil Sekolah, yang digunakan memiliki validitas yang

          empiric yang meliputi:

          1. Substansi, mempresentasikan yang dinilai.

          2. Konstruksi, memenuhi persyaratan tehnik sesuai dengan bentuk

              instrument yang digunakan.

          3. Bahasa, yang digunakan adalah bahasa yang  baik dan benar

               serta komunikatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta

               didik.

 

 e. Mekanisme dan prosedur penilaian

 

 1. Penilaian hasil belajar dan kegiatan Ujian Sekolah dilakukan oleh

     pendidik dengan langkah-langkah sebagai berikut:

     a). Menyusun kisi-kisi

     b). Mengembangkan instrument

     c). Melaksanakan Ulangan atau Ujian

     4). Mengolah data menentukan Hasil Belajar dan Hasil Ujian.

     5). Melaporkan dan memanfaatkan hasil penilaian.

 

 2. Strategi penilaian Hasil Belajar  dilakukan pada saat pendidik menyusun

     silabus dan RPP.

 3. Strategi penilaian Ujian dilakukan sesuai program yang disusun

     pendidik.

 

 

D. KKM, Kenaikan Kelas, Kelulusan, dan Mutasi

 

1. KKM (Kreteria Ketuntasan Minimal)

           KKM (Kreteria Ketuntasan Minimal) pada SMP Negeri 1 Tayan Hulu, berdasarkan pada hasil telaah rata-rata dari masing-masing Indikator, Kompetensi Dasar, dan Standar Kompetensi pada setiap mata pelajaran adalah sebagai berikut :

 

No.

 

Mata pelajaran

KKM

 

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

 

 

Pendidikan Agama

Pendidikan Kewarganegaraan

Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris

Matematika

Ilmu Pengetahuan Alam

Ilmu Pengetahuan Sosial

Seni Budaya

Pendidikan jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Teknologi Informasi Teknologi

Muatan Lokal

 

 

70

70

70

60

60

65

65

65

65

70

65

 

 

2. Kenaikan Kelas

           Kreteria Kenaikan kelas pada SMP Negeri 1 Tayan Hulu di atur sebagai berikut :

 

       a. Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran.

       b. Peserta didik harus mengikuti dan menyelesaikan seluruh mata

           pelajaran di kelas yang bersangkutan.

       c. Mencapai target Ketuntasan Belajar yang telah ditentukan sekolah

           untuk semua Standar Kompetensi dan kompetensi dasar pada

           setiap mata pelajaran.

       d. Ketidaktuntasan siswa tidak lebih dari 3 mata pelajaran pada

           semester genap.

       e. Nilai Rapor diperoleh dari :

 

1. Nilai rata-rata ulangan harian.

2. Nilai ulangan tengah semerter.

3. Nilai rata-rata tugas.

4. Nilai akhir semester.

5 Nilai rapor = NH + NS + NT + NAS

                                      4

 

3. Kreterian Kelulusan

             Sesuai dengan ketentuan PP 19 tahun 2005 Pasal 72 ayat 1 tentang kelulusan, maka peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah adalah sebagai berikut :

 

a. Telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran.

b. Memperoleh nilai minimal pada penilaian akhir pada seluruh mata

    pelajaran.

c. Lulus Pada Ujian sekolah Untuk seluruh mata Pelajaran.

d. Lulus pada Ujian Nasional sesuai POS UN yang berlaku pada saat itu.

 

4. Mutasi Siswa

 

          Untuk melaksanakan mutasi siswa atau pindah tempat belajar, SMP Negeri 1. menentukan berbagai persyaratan yang sesuai dengan prinsip manajemen berbasis sekolah, yaitu melalui suatu mekanisme yang objektif dan transparan anatar lain mencakup hal-hal sebagai berikut :

 

       a. Surat permohonan dari orang tua yang bersangkutan.

       b. memiliki laporan hasil belajar dengan nilai lengkap dari sekolah asal.

       c. Memiliki Ijazah sekolah dasar / MI / Sederajat.

       d. Memiliki surat tanda lulus dengan nilai yang tidak lebih rendah dari

           nilai minimal.

       e. memiliki surat keterangan pindah dari sekolah asal yang diketahui

           oleh pengawas dengan dilampirkan daftar 8355 atau status peserta

           didik yang bersangkutan.

       f. menyesuaikan bentuk laporan hasil belajar dari sekolah asal sesuai

          dengan bentuk rapor yang digunakan di sekolah tujuan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar